Yunani Terancam Krisis Keuangan, Apa Dampaknya Bagi RI?

Yunani Terancam Krisis Keuangan, Apa Dampaknya Bagi RI?
Jakarta -Yunani dinyatakan bangkrut setelah pada 30 Juni 2015 kemarin tidak sanggup membayar utangnya sebesar 1,54 euro atau Rp 22 triliun. Yunani tengah dalam kegalauan.

Hari ini, rakyat Yunani diminta memberikan suaranya untuk menentukan menerima atau menolak tawaran utang dari para kreditur yang tergabung dalam Troika, yaitu Uni Eropa, European Central Bank (ECB/Bank Sentral Eropa), dan IMF senilai 7,2 miliar euro (Rp 108 triliun) untuk menutupi utangnya yang lama.

Suara rakyat Yunani ini akan menentukan bagaimana nasib Yunani ke depan. Krisis keuangan tengah mengincar negeri dewa-dewi ini.

Lantas, bagaimana dampaknya ke Indonesia?

Analis Investa Saran Mandiri Kiswoyo Adi Joe melihat, krisis Yunani tidak akan berdampak signifikan terhadap Indonesia. Tidak ada hubungan langsung antara Yunani dengan Indonesia.

Terlebih, penyebab bangkrutnya Yunani adalah terkait obligasi jatuh tempo yang tidak sanggup dibayar. Obligasi milik Yunani tak berarti apa pun. Rating dari obligasi tersebut tak lebih dari ‘sampah’.

“Efeknya paling cuma sehari. Lagian surat utang Yunani kan bukan rating triple A, surat utang dia kan sudah dianggap sampah, jadi ya nggak akan ngaruh,” katanya.

Meski demikian, Kiswoyo menjelaskan, perekonomian Yunani akan sangat bergantung pada keputusan rakyat Yunani untuk menerima atau menolak utang baru yang ditawarkan Troika.

Jika rakyat menyetujui, ini menjadi kabar baik, artinya tidak ada masalah lagi soal pembayaran utang jatuh tempo Yunani. Sementara jika rakyat menolak, tentu akan menjadi ambang kesusahan bagi Yunani sendiri. Negeri dewa-dewi ini bisa saja didepak dari zona Eropa.

“Dampak hanya ke IHSG, ke rupiah nggak karena kan rupiah hubungannya sama dolar bukan euro,” teran dia.

Menurutnya, hal ini akan berpengaruh terhadap negara-negara di Eropa. Namun, dampaknya ke Indonesia hanya sebagian kecil saja. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memungkinkan untuk merespon negatif atas reaksi Yunani ini.

“Dampaknya paling ke IHSG tapi kecil, paling banter IHSG minus 100 poin, tapi bisa jadi malah positif karena sudah ada kejelasan dari Yunani,’ ujarnya.

http://finance.detik.com/read/2015/07/05/153744/2960718/4/yunani-terancam-krisis-keuangan-apa-dampaknya-bagi-ri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s