Mengelola THR

Mengelola THR
Jakarta -Di akun twitter saya (@aidilAKBAR) beberapa hari lalu saya pernah men-twit, hati-hati dengan gajian akhir Juni 2015 ini jangan boros-boros ya, soalnya lebaran tahun ini di pertengahan bulan. Dan ada yang men-twit balik ‘Kan ada THR’.

Yes, minggu-minggu ini anda mungkin akan menerima gaji bulan Juni 2015, dan kemungkinan minggu ini atau minggu depan anda sudah akan menerima THR alias Tunjangan Hari Raya. Sesuai dengan namanya, maka dana THR ini sebenarnya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan di saat Hari Raya. Pertanyaannya bagaimana cara kita mengelola THR tersebut?

Belum lama ini saya diwawancara oleh salah satu media yang menanyakan, boleh tidak THR tersebut dipakai untuk DP beli rumah? Kalau ditanya boleh atau tidak jawabannya ya boleh boleh saja, tapi financial sounds nggak? Tentu tidak. Mengapa?

Anyway, banyak perencana keuangan di luaran menyarankan agar sebagian dana untuk THR ditabung atau diinvestasikan, bahkan untuk membayar atau melunasi utang. Pertanyaan saya adalah buat apa? Masih banyak pengeluaran lain yang jumlahnya cukup besar yang harus dipersiapkan ketika Ramadan dan Lebaran, yang semua hanya ‘cukup’ ditutupi dengan adanya THR tersebut. Itulah sebabnya, mengapa THR disarankan diberikan di minggu ke 2 bulan Ramadan.

Pertanyaanya lalu bagaimana cara mengelola THR? Dan dipakai untuk pengeluaran apa saja?

1. Biaya Hidup
Tidak bisa dipungkiri setiap memasuki Ramadan dan Lebaran, biaya hidup bulanan kita akan membengkak sekitar 15-25%. Hal ini terjadi karena bahan pokok (sembako) kan naik. Nah sebagian dari THR ini bisa dipakai untuk ‘menambal’ kekurangan uang bulanan anda. Kebayang kan kalau tidak ada THR, cash flow bulan Ramadan anda akan jebol.

2. Zakat
Kewajiban umat muslim ketika Ramadan tiba adalah membayar zakat terutama zakat fitrah. Zakat fitrah wajib hukumnya setahun sekali bagi setiap orang, termasuk bayi yang baru lahir. Adapun besarannya adalah sebanyak 2.5 kilogram makanan pokok, dalam hal ini di Indonesia adalah beras.

Selain zakat fitrah, ada baiknya juga kita menghitung dan membayarkan zakat maal atau zakat harta. Meskipun membayar zakat harta bisa kapan saja ketika sudah lewat dari 1 tahun dan terpenuhi minimum nominalnya, akan tetapi dengan pahala yang didapat berlipat ganda di bulan Ramadan, akan lebih baik apabila dilakukan di bulan Ramadan.

3. THR pihak ketiga
Kita tidak bekerja sendirian. Di rumah kita mau pun di kompleks perumahan, kita pasti dibantu oleh banyak orang, dari mulai asisten rumah tangga, pengemudi, satpam penjaga komplek, kebersihan sampah, dan lainnya. Mereka pun ingin berlebaran dan mengharapkan mendapatkan THR. Nah dari mana THR mereka kalau bukan dari anda?

4. Biaya Lebaran
Bagi sebagian orang dan keluarga, ada tradisi lebaran dengan membeli baju baru. Ini tidak merupakan keharusan, sehingga belum tentu perlu dibujetkan. Akan tetapi acara silaturahmi dan open house dianjurkan. Maka sebaiknya kita mempersiapkan makanan, baik besar maupun kecil untuk menyambut tamu yang berkunjung ke rumah kita.

5. Mudik/Mengisi Liburan
Di antara pengeluaran-pengeluaran di atas, apa anda dan keluarga melaksanakan tradisi mudik, maka pengeluaran mudik inilah yang kemungkinan memakan porsi besar dari THR anda, atau bahkan menghabiskan seluruh THR anda. Detil persiapan mudik akan kita bahas di tulisan berikutnya.

Itulah sebabnya, kita harus belajar mengelola dan mengatur keuangan agar kebutuhan seperti mudik bisa dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Nah, coba lihat daftar pengeluaran di atas, kira-kira masih ada tidak sisa uang anda untuk ditabung, diinvestasikan bahkan untuk melunasi utang? Jawabannya adalah kecil kemungkinan masih sisa. Apabila penghasilan anda sedemikian besar dan sudah cukup menutupi pengeluaran di atas serta masih ada sisa, saat itulah anda baru boleh menabung, berinvestasi, dan bayar utang. Ingat, keberadaan dan hubungan anda dan keluarga serta silaturahmi jauh lebih berharga daripada sekedar harta anda.

http://finance.detik.com/read/2015/07/02/072129/2958061/722/mengelola-thr

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s