Petisi – Tunda Kepemilikan Asing atas Properti Indonesia

Presiden Jokowi menyetujui usulan DPP REI dengan memperbolehkan kepemilikan asing di bidang properti, dimulai dari apartemen mewah Rp. 5 miliar.

Bila ini terjadi maka:

1. Harga properti akan makin melambung, tanpa diikuti peningkatan taraf hidup masyarakat luas. Saat ini belum terasa, namun 20 tahun lagi, atau generasi muda berikutnya, mungkin hanya bisa menyewa properti di negara sendiri.

Contoh negara lain – Australia. Menurut sensus tahun 2011, hanya 32,1% penduduk Australia sudah punya rumah sendiri, 34,9% dalam proses pembayaran dan 29,6% masih menyewa. Menurut laporan koran SMH, 3 Januari 2012, harga rumah di NSW dalam jangka 10 tahun terakhir telah meningkat 147% sementara penghasilan individu hanya naik sebesar 57%. Hal ini menyebabkan angka penyitaan rumah oleh bank meningkat.

http://www.kompasiana.com/hsancoko/di-australia-banyak-orang-tidak-punya-uang-tunai_551f686fa33311792bb66e09

Kemudian, empat tahun lalu, Australia telah mengetatkan regulasi seputar pembelian properti oleh pihak asing dan menyiapkan penalti bagi pelanggarnya.

2. Pengembang kecil tidak akan mampu bersaing. Hal ini diakibatkan komponen harga properti meningkat dan masyarakat tidak mampu membeli dengan harga selangit. 5 tahun lalu, kriteria rumah murah masih antara Rp. 50-100 juta. Saat ini, rumah murah, Rp. 100 – 200 juta. Bisa jadi 10 tahun lagi, kriteria rumah murah Rp. 400-500 juta, bila properti dibeli asing.

Harga apartemen tipe studio di Jakarta, termurah, sudah diatas Rp. 200 juta, bagaimana bila 10 tahun lagi, bila properti dibeli asing. Walau saat ini pemerintah sedang membangun Rusunawa, namum itu hanya sewa, bukan kepemilikan.

Sebaiknya:

1. Selesaikan tugas “Program Nasional Satu Juta Rumah”, hingga minimum 80% WNI memiliki tempat tinggal layak (baik sewa atau kepemilikan).

2. Peningkatan pemerataan infrastruktur di seluruh daerah, sehingga mengurangi biaya hidup masyarakat.

UU Pokok Agraria Indonesia, sudah baik. Ada aturan HGU, HGB, dan hak milik.

Presiden Restui Hak Milik Asing

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s